Mengenal Tapa dan Tafakur

dimalam yang sunyi, disinari rembulan yang hampir menampakan purnama ku melangkah keluar menuju tempat yang sederhana, tempat yang biasa ku melepas penat dan menikmati keindahan malam. sampai di tkp ku sandarkan badan dengan menyapa sahabat yang asyik dengan kekasih, sedang bercumbu rayu dengan gitar kesayangannya. jari-jarinya menari, berlarian diatas senar gitar. ku coba melepas penat dengan menatap indahnya rembulan.

tanpa kusadari terucap kata TAPA, lalu sahabatku dengan cepatnya merespon jaman sekarang banyak yang ndak bisa TAPA, alias tapa nya kosong. dari situ ku mulai menggali apa yang ada di dalam benak dan pikiranku tentang TAPA. Tapa kalau dihubungkan dengan ajaran islam mungkin diambil dari kata TAFAKUR. ilmu islam yang bukan tingkat dasar dan tidak mudah untuk mengamalkan tafakur namun bukan berarti tidak mungkin. ya Tafakur karena ilat jawa jadi biar mudah bilangnya TAPA.

intinya TAPA itu sebenarnya konsentrasi, fokus pada apa yang di hadapan kita. fokus inilah yang menjadi kuncinya. kata habib akhmad al-habsy solo dalam pengajian khaul syekh abil hasan asyadzili menyampaikan bahwa fokus itu dapat diperoleh dengan jalan thoriqot. di syariat ndak ada yg namanya fokus, jadi bukan hanya syariat yg di kaji dan dalami tapi thoriqot juga harus. karena thoriq itu jalan. sedangkan jalan thoriqot itu emang lebar tapi tidak mudah untuk melewatinya.

Fokus atau konsentrasi inilah yang sangat berperan dalam kehidupan kita sehari-hari. kalo ndak fokus pasti akan banyak terjadi masalah dan kendala. tapi dengan kita bisa fokus percaya diri maka akan mudah dalam menghadapi tantangan-tantangan hidup.

mufid majnun : cablaka-menampilkan apa adanya

Posted on 14 Oktober 2011, in Renungan Alam and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. belajar fokus, belajar khusyu, belajar dari alam….

Silahkan Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: